Tips memilih Joki Tawaf Sai

joki umroh

Keadaan resiko tinggi (risti) serta sakit bikin beberapa jamaah tak dapat melakukan prosesi tawaf serta sai dengan prima. Tetapi, jamaah dapat memakai layanan joki yang bakal menolong jamaah lakukan tawaf serta sai lewat cara mendorongnya dengan memakai kursi roda.

Wakil Kepala Bidang Spesial Daerah Kerja (Daker) Makkah, Harun Al Rosyid, memberi sebagian panduan berkaitan joki tawaf serta sai ini. Pertama, jamaah diimbau tak memakai joki yang ada diluar koordinasi Masjidil Haram. Joki ini umumnya beberapa mukimin. Kebanyakan jamaah memilih menggunakan mereka karena membuat biaya umroh menjadi lebih murah

‘’Joki seperti ini gampang di ketahui serta pada akhirnya di tangkap oleh pihak keamanan Masjidil Haram, ’’ tuturnya. ‘’Jadi, beberapa jamaah diimbau tidak untuk mengambil resiko dengan memakai layanan joki mukimin dari luar koordinasi Masjidil Haram. ’’

Ke-2, jamaah baiknya memakai layanan pendorong resmi yang ada di lokasi Masjidil Haram. Jamaah dapat temukan layanan pendorongan dari petugas-petugas Masjidil Haram dengan seragam yang komplit serta gampang dikenali.

Serta sisi pembiayaan, biayanya relatif lebih murah di banding memakai layanan mukimin diluar Masjidil Haram. ‘’Karena itu, kami imbau semua jamaah selekasnya memakai layanan pendorong kursi roda di Masjidil Haram saja. Lebih murah serta lebih aman, ’’ tuturnya.

Ketiga, jamaah baiknya menawar harga nya lantaran umumnya harga jasanya dapat turun. Harga layanan joki Sai atau Tawaf umumnya awalannya 100 riyal (Rp 350 ribu). Tetapi, harga nya dapat ditawar jadi 75 riyal (Rp 260 ribu). ‘’Bahkan, ada yang dapat 60 riyal (Rp 200 ribu). Itu bergantung pendekatan kita pada mereka, ’’ kata Harun.

Ke empat, jamaah dapat mendatangi segera untuk dapat memakai layanan beberapa pendorong kursi roda ini. Mereka gampang dikenali dari seragamnya berbentuk jubah putih dengan rompi abu-abu. Mereka umumnya mangkal di dekat tempat Safwa. ‘’Tidak jauh dari Safwa, mereka umumnya telah berbaris di situ, ’’ tuturnya.

Ke lima, jamaah dapat minta pertolongan petugas haji. Petugas pendorong kursi roda tak susah diketemukan. Tetapi, kata Harun, jamaah dapat juga minta pertolongan petugas haji untuk diketemukan dengan petugas joki itu.

Jika anda berangkat dengan banyak orang dengan jarak yang relatif jauh, mungkin ada baiknya anda sewa bus didaerah tersebut. Karena ini lebih memudahkan anda nantinya

Sumber: http://haji.kemenag.go.id/v3/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *